Penilaian peer teaching penting karena berperan sebagai sarana refleksi dan penguatan kompetensi pedagogik antar rekan sejawat. Melalui kegiatan ini, guru atau calon pendidik dapat saling memberikan umpan balik konstruktif terhadap praktik pembelajaran yang dilakukan. Proses ini mendorong peningkatan kemampuan mengajar secara kolaboratif, di mana setiap peserta tidak hanya berperan sebagai pengajar tetapi juga sebagai pengamat yang kritis terhadap strategi, metode, dan efektivitas proses pembelajaran. Dengan demikian, peer teaching menjadi wadah belajar bersama yang menumbuhkan budaya saling belajar, saling menghargai, dan berbagi praktik baik dalam pengajaran.
Selain itu, penilaian peer teaching memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu diperbaiki secara objektif. Melalui observasi terstruktur dan rubrik penilaian yang jelas, peserta dapat memahami sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran dan penerapan pendekatan pedagogik yang efektif. Hasil dari penilaian ini tidak hanya memperkaya pengalaman profesional individu, tetapi juga memperkuat kualitas pembelajaran di lingkungan akademik atau pelatihan. Dengan kata lain, peer teaching bukan hanya kegiatan evaluatif, melainkan juga proses pembelajaran reflektif yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan.
File penilaian bisa didwonload pada bagian bawah setelah mengisi (ceklis) Jawaban Ya/Tidak
 
Lembar Observasi Peer Teaching
Hasil Penilaian
| Peringkat | Rentang Nilai | 
|---|---|
| Amat Baik | 90 < Nilai ≤ 100 | 
| Baik | 80 < Nilai ≤ 90 | 
| Cukup | 70 < Nilai ≤ 80 | 
| Kurang | Nilai ≤ 70 |