Format Penilaian Peer Teaching

Penilaian peer teaching penting karena berperan sebagai sarana refleksi dan penguatan kompetensi pedagogik antar rekan sejawat. Melalui kegiatan ini, guru atau calon pendidik dapat saling memberikan umpan balik konstruktif terhadap praktik pembelajaran yang dilakukan. Proses ini mendorong peningkatan kemampuan mengajar secara kolaboratif, di mana setiap peserta tidak hanya berperan sebagai pengajar tetapi juga sebagai pengamat yang kritis terhadap strategi, metode, dan efektivitas proses pembelajaran. Dengan demikian, peer teaching menjadi wadah belajar bersama yang menumbuhkan budaya saling belajar, saling menghargai, dan berbagi praktik baik dalam pengajaran.


Selain itu, penilaian peer teaching memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi kekuatan dan area yang perlu diperbaiki secara objektif. Melalui observasi terstruktur dan rubrik penilaian yang jelas, peserta dapat memahami sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran dan penerapan pendekatan pedagogik yang efektif. Hasil dari penilaian ini tidak hanya memperkaya pengalaman profesional individu, tetapi juga memperkuat kualitas pembelajaran di lingkungan akademik atau pelatihan. Dengan kata lain, peer teaching bukan hanya kegiatan evaluatif, melainkan juga proses pembelajaran reflektif yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan.

File penilaian bisa didwonload pada bagian bawah setelah mengisi (ceklis) Jawaban Ya/Tidak

Lembar Observasi Peer Teaching





Aspek yang Diamati Ya Tidak Catatan
A. Apersepsi dan Motivasi
1. Menyiapkan fisik dan psikis peserta dengan menyapa dan memberi salam
2. Mengaitkan materi dengan pengalaman atau pembelajaran sebelumnya
3. Mengajukan pertanyaan menantang
4. Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
5. Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan tema
B. Penyampaian Tujuan dan Rencana Kegiatan
1. Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta
2. Menyampaikan rencana kegiatan (individual, kelompok, observasi)
C. Kegiatan Inti - Penguasaan Materi Pelajaran
1. Menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran
2. Mengaitkan materi dengan pengetahuan relevan dan kehidupan nyata
3. Menyajikan pembahasan materi dengan tepat
4. Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, konkrit ke abstrak)
D. Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik
1. Sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
2. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
3. Menguasai kelas
4. Melaksanakan pembelajaran kontekstual
5. Menumbuhkan kebiasaan positif (nurturant effect)
6. Sesuai alokasi waktu yang direncanakan
E. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Mendalam
1. Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana
2. Memancing peserta untuk bertanya
3. Memfasilitasi peserta mencoba dan mendemonstrasikan
4. Memfasilitasi peserta mengamati dan menganalisis
5. Memfasilitasi peserta merefleksikan pembelajaran
6. Menyajikan kegiatan komunikatif dan kolaboratif
7. Menyajikan pembelajaran aktif dan menyenangkan
F. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media
1. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber/media
2. Melibatkan peserta dalam pemanfaatan sumber/media
G. Pelibatan Peserta dalam Pembelajaran
1. Menumbuhkan partisipasi aktif peserta
2. Merespon positif partisipasi peserta
3. Terbuka terhadap respons peserta
4. Hubungan antar pribadi yang kondusif
5. Menumbuhkan keceriaan peserta dalam belajar
H. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat
1. Bahasa lisan jelas dan lancar
2. Bahasa tulis baik dan benar
I. Penutup Pembelajaran
1. Melakukan refleksi pembelajaran
2. Memberikan asesmen
3. Mengumpulkan hasil kerja untuk portofolio
4. Memberikan arahan kegiatan berikut dan pengayaan
Total Aspek: 0 | Total Ya: 0 | Nilai: 0

Hasil Penilaian

Nilai: 0
Peringkat: -
PeringkatRentang Nilai
Amat Baik90 < Nilai ≤ 100
Baik80 < Nilai ≤ 90
Cukup70 < Nilai ≤ 80
KurangNilai ≤ 70