Ngaje Bareng Buya Syakur : Bacaan yang Benar dan Memaknai Shalat
Naskah Ceramah:
Ada rahasia salat yang mungkin tidak diperhatikan orang Coba kita bandingkan ibadahnya kita dengan ibadahnya orang lain kalau di tempat ibadah lain mah jemah nih di kelas kelas orang kaya di depan betul yang miskin di belakang pejabat di depan rakyat di masjid ada enggak acara begitu aturannya gimana dalam masjid yang datang duluan di depan datangnya lambat di belakang Nah kalau bapak bupati datangnya terlambat di sini di depan at di depan atau di belakang di depan mingir mingir Bupati enggak ada urusan duduk D di situ Bupati enggak ada urusan Kenapa datangnya terlambat itu itu kalau di sini Bapak nyumbang Masjid 1 miliar tapi minta booking nih di depan pengimaman buat saya boleh enggak enggak boleh karena masjid dibuat oleh Kanjeng Nabi ini untuk melebur perbedaan-perbedaan untuk mengaduk-aduk masyarakat antara orang kaya dengan orang miskin antara rakyat dan pejabat diaduk semuanya itu ya seperti itu
Dalam ibadah kita jadi karena aturannya yang datang duduk di depan yang telat datang di belakang maka terjadilah pembauran nah saya tanyakan sekarang orang kaya tiba-tiba di sampingnya tukang macul duduk di sampingnya salat nempel pondak tersinggung enggak enggak benar orang yang miskinnya takut enggak enggak kenapa psikologis orang kalau masuk masjid itu merasa kita ini sama di hadapan Allah kulluna ibadullah kita semuanya hamba Allah nah ini yang harus kita rasakan bayangkan setiap hari lima kali per RT RW seminggu sekali di di desa kurang seberapa itulah bahwa dengan salat efektif membangun persatuan dan dan kesatuan kok sekarang kok jadinya rebutan kunut lebutan usoli lebutan tahiyat lebutan goyang-goyang petunjuk lah Ya Allah Ya Rabbi Saya kira tidak seperti itu
Dulu di Makkah di Makkah nih imamnya ada empat Mazhab Syafi'i sebelah utara Hanafi Selatan Barat Hambali Timur Maliki dulu empat imamnya terjadi nah
Ketika Muhammad bin Abdul Wahab bisa membangun mazhabnya di Saudi arabianya mazhab Wahabi itu imamnya ditampari semuanya minggir semuanya satu enggak usah bis-is begini gitu ceritanya Iya terima kasih dipersatukan Iya Jadi kalau sini tapi snya jangan ditampar ya ya dihimbau sajalah Yuk silakan gitu Nanti bulan puasa juga akan beda cwah yang delapan di masjid ini yang 20 masjid sana betul enggak nanti yang kunut ini masjidnya yang tidak knut masjidnya sana ya kenapa ini masih ada bedugnya sana enggak ada bedugnya sini ada Kentong sana enggak ada Kentong disuruh siapa salat itu jangan dijadikan alat perpecahan Tapi salat sebagai alat persatuan Bupati ciami siapa namanya Hah Pak Ii Nah Pak Ii datang telat masjid dirancangin datangnya telat duduknya di depan apa di belakang belakang Kenapa di belakang kan Bupati enggak ada urusan karena masjid ini adalah pembauran Iya marah enggak dia Pak mangga Enggak marah saya Bupati moal enggak bakal dia mengatakan Bupati karenapa sekalipun dia Bupati begitu masuk masjid dia pikirannya lupa bahwa dia adalah Bupati lebih apaelebiek masuk masjid lupa jadi lebihnya tentara Mas masjid lupa enggak lupa jaranya lupa semuanya kita merasakan sama nih.
bayangkan orang salat berjemah ketika imam sujud semua makmum su sujud Bupati Ciamis ya ya Ciamis duduknya di belakangnya mankadim tukang macu itu mankadim sujud Bupati sujud kita lihat dari depan dari atas lihatkan ubun-ubunnya Bupati Di bawah Telapak kakinya mankad betul enggak di situ Jid kita nyungsep kita semua merasakan semuanya sama itu yang perlu kita bina kalau tiap harietemu sehari lima kali sebulan sekali kita rapat mingguan saya kira enggak mungkin akan terjadi perpecahan begini Ini malah salatnya dijadikan alat perpecahan betul enggak begitu P terjadi enggak perpecahan salat ada kan Iya ada Ril ada nah ke depan yuk kita perban itu enggak usah kita besar-besarkan mangga mau salat masjid mana saja Pilih ya saya sudah rasanya sakit hati saya karena saya pernah masuk masjid tiba-tiba orang pada menolel semua melototin saya semua ih salah apa saya nih barangkali lupa sendalnya enggak dicopot ah enggak barangkali baju kebuka enggak juga enggak Oh Ternyata Saya pakai baju batik di depan bajunya putih semua
Oh jadi ini masjid hanya dipakai untuk orang yang bajunya ada kan saya enggak usah marah ya udahlah kalau saya enggak boleh udah saya keluar ngegelosot ke belakangundur lagi cari mesjid yang lain yang boleh pakai baju batik kan gitu Terus gimana Yang penting tolong nabi sedih kalau melihat umatnya begini Iya dong Jadi artinya begini bahwa orang salat seluruh dunia sampai sekarang tidak pernah ada yang sama saya sudah ikut pernah salat itu sealam dunia 20 tahun Pak sampai ke Inggris ke Prancis ke Belanda semua ke Belgia udah semua juga enggak ada yang sama i sampai Kuwait Irak Syria Lebanon semua sudah saya lihat enggak ada dari mulai awal takbir sampai salam tidak ada yang sama maunya gimana maunya penginnya pengin sama gitu
Yuk Kita buktikan orang takbir saja ada yang bilang tangannya jari lima dibuka Gak betul enggak ada yang empat jari nempel jempolnya dipisah ada enggak ada yang semuanya nempel semuanya Kayak kayak hormat tentara ya ada yang gini ada yang gini ada yang gini yang benar mana Terserah anda sudah ada taknya lagi ngecacung di atas kepala ada yang jemponnya di atas telinga ada enggak ada yang di bawah telinga ada enggak Allahu akbar ada yang jelipak Allahu akbar ada enggak Yang digoyang-goyang yang Allahu akbar ada enggak sudahud jangan rewel sudah jangan rewel
Biarkan saja Apalagi setelah takbir Apa ada yang sedekap ada yang selonjor sudah jangan rewel yang sedekah ada di dada ada yang begini ada yang di perut ada yang megangin bodong ada ada yang megang kantong barang copet silakan sampai ada yang usoli ada yang tidak ada yang usoli fard Zuhri arbaa rakaatin mustqbilalqiblati adaan lillahi panjang sekali ada yang takbirnya Allahu akbar saking panjangnya niat ada yang Allahu Akbar sampai takbirnya saja kalau saya menuntut secara kefasihan mungkin enggak ada yang sah Allahu akbar betul enggak Allahu akbar betul enggak ada O bahasa Arab nama Tuhan kita siapa Allah apa Allah nah sok deng takbir semuanya Allah kok bidah Qunut bidah dia hanya saja nyebut nama Tuhannya bukan Allah tapi Allah mana ada Allah Ada lagi Allah Allahu akbar ada lagi Allahu akbar ada Allahu Akbar itu saja eh daripada kita menyalah-nyalahkan orang lain yuk kita lebih baik belajar lagi saja salat yang sebenarnya itu bagaimana sih kita ikuti fikih yang ada aja deh ya kalau kita lihat nabi sudah enggak bisa sudah meninggal betul Enggak coba di fikir saja di bidang takbir saja ya mengatakan bidahbidah ternyata takbirnya enggak benar C si gimana dia banyak melakukan kesalahan menyalah-nyalahkan orang lain ada orang jelek ngecek orang jelek jelek jelek jelek lah kamu cantik enggak jelek jelek juga l kan enggak lucu namanya gitu ngebeda-bed orang sendiri dianya sendiri salatnya enggak benar yang rajin mengatakan bidah bidah bidah tahu enggak
Ketika saya salat nih jadi imam yang rajin membidah bidahkan kalau Imam itu biasanya kan noleh ke belakang meluruskan barisan yang kosong isik isik yang ada kosong penuh istaqimual Isti mutamimatiat baris lurusan itu maju maju maju sudah siap Allahu Akbar Ya enggak sah begitu mah di mana lagi masa takbir mukanya ke belakang bayangkan dia juga salah kok sok langangbidak-b orang lain dianya sendiri tidak tahu syarat rukunnya takbir lah yuk kalau begitu mah daripada kita saling salah menyalahkan kalau begitu kita belajar lagi salat yang lebih baik Setuju enggak gitu setuju ya Iya nih takbir tuh nih anak-anak santri ada berapa syaratnya takbir ngalo Mungkin banyak orang tidak tahu bahwa takbir Ada syaratnya nya ya syaratnya 20 Nah loh banyak banget Saya terangin sampai sore nih Awas nih Iya Pertama takbir itu dimulai kalau sudah masuk waktu salat sekarang jam 11 le1 menit boleh enggak kita usoli fard zuhu Allahu akbar takbir Sangga salatnya Kurang 1 menit Sangga salatnya Kurang 1 detik Allahu akbar belum masuk Sangga jadi satu harus sudah masuk
Wak sekarang kita wajib salat zuhur enggak sekarang enggak mulai wajibnya kalau sudah masuk wak waktu itu satu yang kedua orang takbir itu kakinya sudah lurus menghadap kiblat dadanya sudah lurus menghadap kiblat dan wajahnya sudah lurus menghadap kiblat baru kita tak takbir Jadi jangan sampai ada makmum masbuk karena Imam sudah sampai surat Amma binikmatibika fahaddit kan mauuku tuh sambil lari sambil begini Allahu Akbar dan enggak boleh kakinya sebegini harus lurus dulu Betul ya Iya itu banyak ya itu perlu seali Nah itu boleh kasih tahu Eh tadi itu jangan lagi ngelangk takbir sudah lurus dulu oke nah berikutnya bahwa mengucapkan takbir itu satu Har Atul hamzahnya itu banyak yang enggak sadar Tuhan kita ini namanya hamzahnya maftuha jadi bukan Allah tapi Allah Allah bukan Allah tapi Allah jadi kalau orang Takbir Allahu akbar Nama saya Buya sakur kalau Bu Ya syukur Boleh enggak saya marah enggak Pak syukur gitu Nama saya Abdus Syakur Abdus syukur marah enggak saya marah dong nama kita kan yang paling berharga di alam dunia kan nama kita betul enggak
Kalau orang menyebut namaNya salah tersinggung enggak Allah tersinggung enggak namanya salah disebutnya Nah jadi harusnya Allah oke kemudian Hamzah lafzul jalalah itu Hamzah maftuhah tidak boleh dipanjangkan ya harus Allah imamnya sudah sepuh tempatnya di pinggir hutan di musala terpencil salatnya salat subuh masih ngantuk imamnya nih Begitu Takbir Allahu akbar [Musik] Allahu akbar betul enggak Kalau Allah panjang itu itu maknanya hamzahnya dua satu hamzatul jalalah yang kedua hamzatul istifham asalnya a Allahu sok dibaca al-qur'annya betul enggak jadi kalau a Allahu itu dibacanya panjang Allahu maknanya bukan takbir tapi kalau takbirnya Allah itu apakah Allah itu besar jadi bertanya itu m namanya Ayo sok usah enggak takbirnya enggak sah ya kemudian lamnya lafzul jalalah itu tidak fathah wadiihah bukan Allahu tapi ada imalahnya Al Allah bukan al la lam fathah la lam kasrh Li lam damah lu ini bukan la bukan Li bukan lu karena ini lafzul jalalah
Menurut pendapat saya ini alam murtajal bukan alam bukan alam yang musytak tapi murtajal dari sononya artinya bukan bahasa bahasa Arab asalnya dari bahasa Ibrani dan lafzul jalalah bukan asal ilahun Imam sibaw mengatakan bahwa Allah itu adalah asalnya ilahun dimasuki Alif dan lam menjadi Allah wahai imam sibawe Kalau iya lafzul Jalal asalnya ilahun sok ilahun maksudnya alif lam lrif bunyikan ilahun alif lam t jadi Al alilahu dong betul Enggak kok Apa alasan Hamzah ilahun dibuang tidak ada alasan sfiahnya maka maka saya tidak menerima bahwa lafzul jalalah berasal dari lafaz ilahum tapi asalnya memang seperti itu Jadi dibacanya Allah bukan Alla bukan Allo tapi Allah berikutnya lagi bahwa haknya lafzul jalalah tidak boleh ada wau maskunah Jadi enggak boleh Allahu akbar enggak boleh Nah kenapa sok dipanjangin gara-gara niatnya belum selesai karena di sini di Indonesia niat itu muktarinan bifi'ilihi dikiranya harus berbarengan dengan takbir Padahal niat saja dulu usali fad Zuhri selesai Allahu Akbar Ya sudah itu namanya sudah mukhtarinan ini Enggak tahu di pesalatan bahasa Jawa gitu tuh iya pesalatan bahas jadi Allahu akbar sambil niat usoli fad Zuhri arbaa rakaatin mustqbilal qiblati makmuman lillahi taala 2 meter panjangnya harus dimasukkan dalam lafzul jalalah yang hanya Sekilan apa yang terjadi ee
Allahu akbar panjang Sas betul enggak ya itu enggak mungkin unta bisa enggak masuk lubang jarum ya enggak bisa dong Jadi muktarin bfik itu artinya bersama-sama itu jug mesti bersama-sama ya artinya niat dan takbir itu di tidak ada Jedah waktu begitu lillahi taala Allahu akbar sudah sah gitu Punten ini mah kemudian lagi syarat takbir berikutnya antara ha lafzul jalalah dengan Hamzah Akbar itu jangan muncul wau maftuhah kadang-kadang kita tidak sadar suami apa suami ada w-nya enggak ada enggak y su su a mi apa su wa mi sekalipun tidak ada w-nya suami dibacanya suami tetap aja betul enggak itu adalah suara yang muncul akibat pertemuan antara a dengan u maka takbir pun sering banyak tidak diduga tidak dirasakan begini bunyinya Allahu akbar tuh sok anak-anak kalau takbiran Idul Fitri sok dengerin tuh Allahu Akbar Allahu Akbar Allah Allahu akbar kan Nah dalam takbir kalau Allahu Akbar itu artinya bukan takbir tapi Allah dan Akbar bukan Allah maha besar Allah dan Akbar sudah paham banyak banget kan Oke ringkas saja deh kemudian setelah Allahu akbar kemudian jangan sampai bnya itu hamzahnya Akbar itu jangan sampai dibaca kasrah jadi Allahu akbar anak muda kena penyakit wasas was yang biasa takbirnya 70 kali belum selesai-selesai ya kan Allah akbar Allah akhirnya saking pengin khusyuknya sambil memejamkan mata sambil mengangkat pundaknya
Allahu akbar Nah sudah gwat nih ada saya tahu kok ikqbar Itu artinya head menstruasi bahasa Arabnya J allahuikbar Allah [Tertawa] lagi jadi bahasa Arab tuh sedikit saja maknanya menjadi berubah sama sekali itu makanya nah tidak perlu di sekecamatan ada ahli bahasa terlalu banyak satu saja cukuplah ya yang mengerti Nahwu saraf tuong banyak kemudian Jangan dibaca panjang bnya Akbar tuh terjadi saya di Libya tahun 74 dari Syria saya terus ke Libya 78 saya ke Tunisia hari pertama saya sampai ke Libya pas asramanya dekat masjid pas malam Jumat paginya azan saya terkaget-kaget ada orang Libya lib itu Arab loh negara Arab ngomongnya bahasa Arab azannya gini nih Allahu akbar Allahu akbar di sini ada enggak yang begitu ada ini orang Arabnya l saya tegur setelah selesai Jumat tuh ah azannya jangan Allahu akbar enggak boleh dipanjangin marah orang Cina mau nyalainin saya orang Arab katanya gitu sih Mana lag eh Akbar itu wazannya af'alun quflun akfalun dubrun adbarun kubrun akbarun apa kubrun tuh bedug Jadi kalau Akbar Allah itu beduk ngacau Kanah itu makanya masih diwaspadai ini masih banyak masih banyak ya itu ilmu salat yang belum kita kuasai sudah buru-buru menyalah-nyalahkan orang lain eh daripada lu nyalah-nyalah orang lain lu belajar diri dulu deh yang sempurna yang baca fatihahnya saja masih banyak yang alhamdulillahbil ngalamin kok masih Wal bedolin ini Ini masalah jadi salat ini sepanjang sejarah 1400 tahun itu selalu menjadi trend di topik Jadinya enggak habis-habis pembahasannya 1400 tahun masalah salat terus dibicarakan engak habis-habis
Kok saya pikir ya Punten iniang kayaknya dungu banget sih Masa 14 tahun enggak pernah selesai masih menjadi pembahasan sampai imam yang membaca walab bedorin dalam bahsul Masail nahjul Maram saya ketuanya para ulama Indramayu Cirebon Subang kumpul tuh situ Bagaimana pertanya gini Bagaimana hukumnya kita Berjamaah dengan imam yang baca fatihahnya tidak fasih seperti dolin ada kiai yang mengatakan wajib mufarqah ada yang makruh ada yang mengatakan harus membatalkan salatnya kalau mufarqah tidak dibatalkan tetap ikut tapi tidak nyambung lagi ya niat di hati saya niat mufarqah tetapi Punten kalau mau mufarqoh jaga sopan santun yang baik tetap jangan mendahului imam paham enggak menjaga perasaan orang jadi waktunya diatur kira-kira di belakang Imam seolah-olah Imam merasakan makmum masih tetap bersama saya itu kalau mendahulu nanti sadar apalagi salam dulu terus berangkat
Wah ini berarti mufarokok itu Nah bagi saya begitu sudah macam-macam menjawab Giliran saya sebagai ketua bahsul Masail Bagaimana Bu ya sakur hukumnya Saya tidak akan menjawab sah atau tidak sah saya akan menjawab bulan depan imam masjid seindramayu akan saya berikan pelatihan Fatihah dahah G aja masih dipecat Jangan dongti aja alhamdulillah lah biayanya itu habis r95 juta harganya Fatihah selama 3 bulan gitu Terus eh tutornya Kia Jamil Tegal gubuk sama Kiai Hudi kertas Maya muter se Indramayu per Kecamatan selama 3 bulan Alhamdulillah akhirnya menjadi ada perbaikan kualitas itu yang saya ingin bukan salah menyalahkan paham pak yuk kita tingkatkan kualitas ibadah kita bukan salah Menya menyalahkan itu aja kok tetapi itu para ulama memaksa saya harus menjawab Bagaimana hukumnya Aduh gimana sih terserah kamulah ya enggak bisa ini Putin gimana satu tidak dahah gini aja deh kalau ada Imam baca fatihahnya W Bolin Jawabnya jangan Amin Apa jawabnya ya kalau Walah bedolin sampo ngebedol ya akhirnya saya enggak bisa Serius Saya paling tidak suka menyalahkan orang lain Sudahlah
Ketika saya disalahkan Saya tidak marah ya sudahudah terima kasih karena saya tidak mau bertengkar dengan siapun ya ajaran ajar pokok saya nih para youtuber nih selalu pesan jangan pernah menyimpan dendam dan kebencian kepada siapapun betul enggak Salat itu membangun persatuan Kok Masa membenci Kok Masa begitu Nah itulah harapnya jadi hari ini Tema kita adalah Salat kita kembalikan fungsinya sebagai alat pemersatu bukan sebagai perpecahan terima.